Fakta Introvert Lebih baik dari Ekstrovert dan Ambivert

Introvert lebih baik dari Ekstrovert & Ambivert?

Introvert Lebih baik dari Ekstrovert & Ambivert

Apakah Kamu Introvert!

Halo sobat Literasimilenial.co

Barangkali kalian mungkin sering mendengar istilah ini. Namun apakah kamu sudah tahu apa itu Introvert, ekstrovert dan ambivert?

Well, mari kita bahas satu persatu.

Introvert menurut KBBI adalah kepribadian yang cenderung bersikap (berbuat, bertindak) menurut pikiran sendiri tanpa menghiraukan orang lain

sedangkan Ekstrovert adalah orang yang minatnya ditujukan seluruhnya kepada yang ada di luar dirinya dan tidak ditujukan kepada yang ada dalam pikiran dan perasaannya sendiri (bersikap terbuka).

Introvert dan Ekstrovert adalah pembagian dari Ekstra version, yaitu salah satu pembagian dari The Big Five Theory Of Personality

Perbedaan antara kedua orang ini terletak pada dari mana mereka memperoleh energi, energi internal dan eksternal

Ok, gini deh supaya kalian cepat paham.

Coba ingat-ingat atau perhatikan sekitar lo, teman, pacar, anggota keluarga, partner kerja atau barangkali diri lo sendiri, ada gak diantara mereka yang suka menyendiri? Disaat semua orang sedang berkumpul atau Hang-out, tetapi mereka-mereka ini lebih suka memisahkan diri.

Atau orang nya pendiam banget gitu (silent mode), jarang berbicara dan tertawa disaat kalian sedang “on fire” ketawa-ketiwi dan bercanda gurau di moment-moment kebersamaan.

Tetapi sebaliknya, mereka terlihat senang dan happy ketika mereka duduk sendirian, memperhatikan dan menikmati sekitarnya atau barangkali selalu nempel dengan gadget-nya.

That’s it. Mereka adalah Orang-orang Introvert

Jadi apa itu Introvert?

Introvert adalah pribadi yang berorientasi atau berpusat kepada diri sendiri.

Orang Introvert tertarik pada hal-hal abstrak (mengawang-awang), dunia ide-ide, pemikiran atau filosofi-filosofi dan konsep. Istilah nya “ I’m a concept guy”.

That’s why orang introvert menyukai kesendirian dan ketenangan karena pada saat itu mereka sedang berpikir ataupun beraktivitas.

Proses mental dan motivasi orang Introvert berasal dari proses menyendiri. Pada saat menyendirilah energi mereka di re-charge menjadi penuh kembali. So, sudah dapat gambarannya, ya kenapa mereka sering menyendiri.

Hal ini jugalah yang menjadi boomerang bagi mereka, dianggap sebagai orang aneh oleh sekitar mereka dan memiliki potensi pada hal-hal negatif seperti dikucilkan, diejek, pembulian atau perundungan”, dan lain sebagainya.

Orang Introvert tidak suka dan tidak nyaman dengan keramaian. Pada saat mereka berada di lingkungan keramaian, apalagi kalau hal tersebut “dipaksakan”, perlahan energi mental mereka akan semakin berkurang, mulai tidak nyaman dan tidak semangat lagi.

Pada akhirnya mereka akan memisahkan diri sebagai cara untuk mengisi ulang “re-charge” mental dan energi mereka.

So, apakah ada berita baik dari orang Introvert? Jawaban nya “ya adalah”.

Okay, let’s take a look untuk sederetan nama-nama orang dengan kepribadian Introvert yang pernah dicatat di dalam sejarah.

NamaGelar
Sir Isaac NewtonFisikawan
Albert EinsteinFisikawan dan Inovator
Abraham LincolnPresiden Amerika Serikat ke 16
Ratu ElizabethPemimpin tertinggi Inggris
Mahatma GandhiPemimpin & politikus India
Charles DarwinPenemu teori evolusi
Bruce LeeAktor dan Entertainer
J.K.RowlingPenulis terkenal “Harry Potter”
Warrent BuffetInvestor hebat dan sukses
Michael JordanBintang pemain bola basket
Elon MuskCEO dan Inovator “Tesla, PayPal)

Ada banyak sekali orang-orang Introvert yang sukses, terkenal dan tercatat dalam sejarah peradaban manusia mulai dari pemikir (filsuf), Presiden atau orang nomor 1 di suatu negara, Inovator (penemu), Motivator, Entertainer, Entrepreneur dan lain sebagainya.

Selain itu, ada banyak sekali konglomerat dan businessman hebat di dunia ini yang adalah seorang Introvert. Diantaranya Bill Gates CEO atas perusahan raksasa Microsoft

Bill Gates pernah mengatakan:

I think introverts can do quite well. If you’re clever you can learn to get the benefits of being an introvert, which might be, say, being willing to go off for a few days and think about a tough problem, read everything you can, push yourself very hard to think out on the edge of that area.

Bill Gates- Co-Founder of Microsoft

Pada dasarnya orang Intovert juga suka bersosialisasi, bekerjasama dan berkolaborasi. Hanya saja mereka lebih selektif di dalam mimilih teman.

Bagi mereka, jumlah atau kuantitas teman bukanlah yang terpenting, melainkan kualitas dari pertemanan itu sendiri.

Mereka sudah merasa nyaman dengan 1 atau 2 teman dengan karakter yang sama dan seorang kolaborator yang baik.

Baca Juga: Mana lebih Sukses. Introvert atau Ekstrovert & Ambivert?

Ciri-ciri Introvert?

1.One man show alias tidak suka disorot keramaian.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lingkungan yang ramai adalah hal yang tidak disukai oleh orang Introvert. Mereka lebih suka dengan aktivitas-aktivitas “one man show” dan lebih privat (menyendiri).  Mereka lebih suka Sebaliknya dengan orang Ekstrovert, yang jika ditempatkan di lingkungan yang tenang dan sepi maka hal itu seakan-akan “membunuhnya” dan merasa tidak nyaman.

2.Pengamat atau Observer yang baik.

Mereka disebut sebagai pengamat yang baik jika dibandingkan dengan ekstrovert. Hal ini karena mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berpikir lebih cermat pada hal-hal detail yang tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang-orang dengan kepribadian ekstrovert.

3.Sulit ditebak dan dimengerti.

Benar sekali. Orang-orang ini sulit ditebak dan dimengerti oleh banyak orang sehingga sering disebut sebagai orang aneh.

Pernahkah kalian melihat skema gunung Es (Gunung Es yang pernah menenggelamkan salah kapal pesiar terbesar di jamannya  “Titanic”.

Seandainya dibandingkan antara Introvert dengan Ekstrovert, Introvert adalah dasar gunung es yang sama sekali tidak kelihatan, sedangkan Ekstrovert adalah permukaaan gunung es yang bisa dilihat.

LITERASI MILENIAL

Content Creator, Entrepreneur & Creativepreneur

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *