Keren! Contoh gambar WPAP siswa kelas 8 Sekolah Lentera Harapan Toraja menggunakan MS.Powerpoint

Halo sobat Literasimilenial.com.

Pernahkah kamu mendengar tentang gambar WPAP

Gambar WPAP!

Berikut adalah beberapa hasil gambar WPAP cool kelas 8 SLHT yang berhasil dibuat menggunakan Ms.Word dan powerpoint.

Di jaman sekarang, banyak sekali orang-orang Indonesia yang menyukai seni ini untuk berbagai keperluan seperti hadiah atau cendramata, jasa pencetakan untuk pakaian dan lain sebagainya. Ada juga beberapa karya yang dipamerkan di tempat-tempat umum sekilas dekoratif atau keperluan entertainer bahkan menjadi ladang jasa yang berbayar untuk sebagian orang.

Gambar WPAP adalah singkatan dari Wedha’s Pop Art Potrait.
By the way, secara sekilas ketika kalian mendengar nama WPAP, mungkin kalian akan mengira bahwa desain grafis ini berasal dari luar negri sana. Kalau demikian, maka kalian salah. Tapi tahukah kalian? Seni grafis WPAP adalah jenis seni grafis yang dipelopori oleh orang asli Indonesia?

Ya, sepatutnya kita bangga dan kalau bisa mengikuti jejak beliau untuk terus berinovasi dan kreatif

Ya, aliran seni ini dicetus oleh bapak Wedha Abdul Rasyid. Oleh karena inovasinya di bidang seni, beliau kemudian dijuluki sebagai bapak Ilustrasi Indonesia

Foto: Bapak Wedha Abdul Rasyid

Sekilas biodata beliau, bapak Wedha Abdul Rasyid lebih akrab disapa bapak Wedha. Beliau berasal dari di Kota Pekalongan, yang berkat beliau sekarang djuluki sebagai kota Batik dan kota Kreatif.

UNESCO ( United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) memberikan penghargaan kepada beliau terhadap inovasinya dengan sebutan bapak seniman grafis Indonesia. 

WPAP merupakan seni pop art modern. Secara teknik, WPAP mempunyai ciri khas dalam menggambar objek, yakni dibuat dengan dalam bidang datar, berdimensi kotak-kotak dan penuh dengan warna-warni antar bidang tanpa menghilangkan karakter objek atau model yang digambar.

Tidak ada ukuran dan bentuk kotak yang mutlak dan patent dalam membuat WPAP, melainkan menyesuaikan objek yang hendak digambar dan memainkan pewarnaan atau gradient warna.

Kalian hanya butuh membuat garis imajiner tegas menyesuaikan bentuk wajah dan letak elemen anggota wajah lainnya, namun proporsinya tetap sama dengan gambar aslinya. Garis tidak boleh melengkung karena akan membuat bidang kotak-kotak terlihat tidak berkesinambungan.

Proses menggambar garis kotak-kotak ini disebut dengan istilah tracing. Tracing adalah istilah menggambar dengan teknik menjiplak berdasarkan gambar asli yang hendak digambar.

Proses tracing harus kreatif, artinya tidak persis 100% sama dengan komposisi gambar aslinya. Make sure hasil final dari objek transformasi jelas dan menyerupai gambar aslinya, mudah dikenali dan dimengerti oleh orang yang melihat.

Note: yang sama adalah proporsi atau rasio perbandingan gambarnya sedangkan yang beda adalah tracing dan warnanya.

Baca juga artikel terkait:

Bagaimana kelas 8 SLHT bisa membuat gambar WPAP?

Pada umumnya gambar desain grafis berbasis vektor, diolah menggunakan Aplikasi-aplikasi desain seperti Adobe Ilustrator, Corel draw dan lain sebagainya. Which is aplikasi-aplikasi berat yang membutuhkan komputer dengan system requirement atau spesifikasi komputer kelas atas.

Demikian, siswa kelas 8 SLHT membuat gambar WPAP tidak menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut karna satu dan lain hal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut juga membutuhkan banyak waktu dan pengetahuan yang lebih untuk mempelajari setiap toolsnya.

Solusinya adalah menggunakan Microsoft word dan powerpoint.

Ya, mungkin kalian tidak mengira hal tersebut bahwa Microsoft Office khususnya Ms.Word dan Powerpoint juga memiliki beberap fitur yang tidak kalah dengan Adobe ilustrator dan corel draw.

Beberapa fitur shapes dan editing gambar yang terdapat di dalamnya diantaranya adalah teknik masking, tracing, layering, grouping dan pewarnaan yang cukup lengkap.

Setiap anak punya kreatifitas yang berbeda-beda. Jika ada 32 siswa dalam satu kelas, jangan biarkan 32 siswa tersebut hanya menghasilkan 1 produk yang sama, seharusnya menghasilkan 32 produk.

Hayoo, coba ingat-ingat dulu waktu sekolah pada saat pelajaran menggambar,

jutaan orang di Indonesia hanya akan menggambar suatu desa persawahan, ada 2 gunung, matahari di tengahnya, ada pohon dan 3 awan.

Everybody is a Genius. But If You Judge a Fish by Its Ability to Climb a Tree, It Will Live Its Whole Life Believing that It is Stupid.

Albert Einstein

LITERASI MILENIAL

Content Creator, Entrepreneur & Creativepreneur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DATA COVID-19 di INDONESIA