3 Cara menonaktifkan Windows Defender dan Antivirus

Bagaimana cara menonaktifkan windows defender

Pernahkah kamu mendengar istilah Windows defender, Kalau di translate ke bahasa indonesia, berarti Benteng Windows.

Sejarah singkat windows defender

Windows Defender adalah program anti virus & anti spyware bawaan dari Microsoft Windows. Windows defender pertama kali dirilis sebagai program download antispyware gratis untuk Windows XP, kemudian dikirim bersama Windows Vista dan Windows 7 dan akhirnya dikembangkan menjadi program antivirus lengkap menggantikan Microsoft Security Essentials sebagai bagian dari Windows 8 dan 10. Ini bukan sebuah aplikasi tambahan, tetapi program bawaan yang sudah terinstal otomatis ketika sistem operasi windows di instal di komputer

3 Cara menonaktifkan Windows Defender dan Antivirus 1

Sebelum Windows 8 dan Windows 10, program Windows Defender memiliki fitur-fitur dengan efisiensi dan fungsi sebagai perangkat anti-pengintaian atau anti pengintaian atau mata-mata (antispyware). Windows Defender meliputi sejumlah fitus keamanan real time protection atau waktu nyata yang mengawasi beberapa area umum pada sistem operasi Windows yang mengalami perubahan-perubahan yang mungkin disebabkan oleh spyware. Perangkat ini juga menyertakan kemampuan untuk menghapus secara mudah perangkat ActiveX yang terpasang. Windows Defender juga terintegrasi dengan Microsoft SpyNet, sehingga para pengguna dapat melaporkan atau mereport kepada pihak Microsoft perihal aktivitas spyware, serta aplikasi dan pemacu peranti (device drivers) yang dimungkinkan untuk dipasang pada sistem mereka. Fitur Proteksi terhadap virus ditambahkan pada Windows 8 dan Windows 10 dan sudah menjadi antivirus bawaan Windows Defender menyerupai MSE dan menggunakan definisi virus yang sama.

3 Cara menonaktifkan Windows Defender dan Antivirus 2

Berbicara tentang windows defender, program ini bertugas untuk melindungi komputer dari serangan2 Spyware, malware, virus atau aplikasi-aplikasi lain yang bersifat merusak sistem, mencuri data dan lain sebagainya.

Mungkin peranan Windows defender ini akan terlihat ketika kalian memasukkan flashdisk bervirus ke dalam komputer kalian. atau bisa juga ketika kalian menginstal aplikasi-aplikasi ilegal atau freeware yang bertebaran di internet
Ada perbedaan untuk Cara Menonaktifkan Windows Defender Di Windows 10 serie Home Edition, Pro, dan edisi Enterprise. Jadi silahkan pilih tutorial Cara Menonaktifkan Windows Defender Di Windows 10 di bawah ini dengan seri windows 10 yang anda miliki.

Peranan Windows defender ini hampir sama dengan apk Utility lainnya seperti antivirus tambahan lainnya seperti Smadav dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, ketika kalian menginstal apk game atau editing photo atau video yang memiliki crack untuk di instal, maka sudah menjadi keharusan untuk menonaktifkan terlebih dahulu windows defender diikuti dengan antivirus-antivirus lainnya.

Prinsip ini sama hal nya ketika kalian menggunakan sistem operasi windows atau produk Microsoft bajakan dimana kita diminta untuk menonaktifkan windows defender terlebih dahulu.

BACA JUGA:

Cara mengatasi windows dan produk Office expired soon
Download KMSpico terbaru V 10.2.0 Final download

Ok, let’s get to the tutorialnya:
Cara Menonaktifkan Windows Defender Windows 10 Home Edition

Cara Menonaktifkan Windows Defender Di Windows 10

1.Tekan windows button atau bisa pergi ke halaman pengaturan dengan shortcut Windows + I (setings)

2. Pada bar Pencarian (ketik untuk mencari) masukan kata Windows Defender settings atau windows defender, kemudian tekan Enter

3 Cara menonaktifkan Windows Defender dan Antivirus 3

3. Selanjutnya akan mucul kotak dialog Windows Defender settings, silahkan switch atau geser ke kiri Tombol On di Real-time protection menjadi menjadi Off.

3 Cara menonaktifkan Windows Defender dan Antivirus 4

Setelah melakukan step by step di atas kamu akan mendapatkan kotak notifikasi di pojok bawah kanan jendela windows seperti gambar di bawah

3 Cara menonaktifkan Windows Defender dan Antivirus 5

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 pro dan edisi Enterprise

Pada menu Pencarian atau tekan Windows button, masukan kata Edit Group Policy kemudian tekan Enter.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Di Windows 10

Selanjutnya Pindahkan ke direktori Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender > Real-time Protection. lalu Pindah ke sisi kanan, cari tulisa Turn off real-time protection lalu klik 2 kali tulisan tersebut untuk membuka jendela Properties.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Di Windows 10

Silahkan klik opsi Enabled untuk mematikan pengaturan tersebut lalu klik tombol Apply dan OK.
PERLU DIINGAT: perlakuan ini hanya boleh dipakai untuk case-case tertentu seperti penginstalan apk freeware bajakan, dll. Biasanya setelah komputer di reboot, windows defender biasanya secara otomatis kembali ke default setting menjadi ON

Semoga artikel ini bermanfaat sobat dan please share ke teman-teman mu

LITERASI MILENIAL

Content Creator, Entrepreneur & Creativepreneur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *