Terciduk PLAGIAT-Youtuber Calon Sarjana akhirnya di Banned

LITERASI MILENIAL
By LITERASI MILENIAL Januari 31, 2020 18:48

Terciduk PLAGIAT-Youtuber Calon Sarjana akhirnya di Banned

Halo sobat Literasimilenial.com

Chanel youtube Calon Sarjana di Banned

Siapa sih yang gak kenal dengan chanel populer yang satu ini. Ya

“Calon Sarjana”

Mungkin saja kalian adalah salah satu penggemar atau subcriber dari chanel ini.

Netizen di Indonesia ahir-akhir ini dikejutkan dengan berita viral dan kontroversi terkait kasus plagiat chanel youtube Calon Sarjana, yang sudah memiliki subscribers sebanyak 13 juta orang.

Chanel youtube Calon Sarjana sebagai chanel informasi yang membahas video-video mengejutkan, kontroversial, misterius, lucu, aneh dan keren ini akhirnya resmi di banned oleh pihak youtube.

Kok bisa sih?

Hal ini terjadi karena alasan pelanggaran hak cipta atau “Copyright”

Diketahui beberapa waktu yang lalu, chanel ini “terciduk” sempat mengambil thumbail serta kontent suatu chanel youtube di luar negeri dengan tanpa ijin.

Tidak tanggung-tangung, segitulah harga yang harus dibayarkan mereka, yap, dihapuskan dari peradaban alias berubah menjadi “Atom”

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari media, Chanel Calon Sarjana dilaporkan dihapuskan dari youtube sejak Rabu (22/1) malam.

Dan pada Kamis keesokan harinya (23/1) chanel ini kembali eksis setelah mengubah nama chanel cadangan mereka yaitu “Calon Ilmuwan” menjadi “Calon Sarjana”.

Diketahui pertanggal saat ini, jumlah subscribers akun ini sudah mencapai 2,55 Juta. Wooow, banyak juga nih. Jangan-jangan…….plagiat juga nih konten-kontent nya

 

Literasi Milenial - Calon Sarjana

Di kutip dari Detikinet

Di hapusnya akun ini dari youtube setelah dikonfirmasi oleh Kominfo (Kementerian Komuniskasi dan Informatika) yang disampaikan oleh Plt Kepala Biro Humas Kominfo (Ferdninandus Setu) bahwa akun ini dihapus bukan karena permintaan Keminfo.

Melainkan terkait Plagiarisme kontent milik orang lain yang diketahui digunakan atau copas (copy paste) dibeberapa video Calon Sarjana, jadi bukan hanya satu video nih.

Salah satu akun yang menjadi korban “Plagiat kontent” Calon Sarjana adalah akun “JT” dengan jumlah 500 rb Subscribers.

Pemilik akun youtuber JT di salah satu videonya menyampaikan bahwa “I terminated a YouTuber with 13 Million Subscribers”.

Youtube JT mengajukan Copyright Stright atas Calon Sarjana yang mengambil kontent nya dan ia berhasil mengklaim adanya pelanggaran hak cipta kepada Youtube sampai pada akhirnya dihapuskan dari peradaban untuk selamanya.

Tidak hanya itu saja, “JT” juga memperhatikan beberapa kontent Calon Sarjana yang ternyata meniru konten video milik orang lain.

Di dalam video nya, youtuber JT memberitahukan hal ini kepada pemiliki akun yang terkait. Melalui twitter yang bernama “@JTonYouTube, dia berhasil mendapatkan 2 aliansi strike dari akun lainnya.

Dia menyatakan bahwa “ada seratusan lebih ide kontennya yang dicuri, yang bersifat informasi dan juga Thumbail” tanpa mencantumkan kredit sama sekali.

JT menyatakan suatu akun akan dibanned oleh pihak youtube apabila mendapat 3 strike dari akun lain.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari beberapa subscriber Calon Sarjana, akun ini sudah beberapa kali diingatkan untuk tidak mencuri konten orang lain, namun tetap diabaikan.

Kendati demikian, Calon Sarjana melalui akun Twitternya menyampaikan permohonan maafnya kepada publik khususnya Indonesia dan juga akun terkait “JT”.

JT pun melalui akun twitter-nya memposting permintamaafan ini

Kepada pemiliki YouTube Channel JT, mewakili channel You Tube Calon Sarjana, Kami menyampaikan permintaan maaf yang mendalam telah mencuri ide dan menggunakan thumbail dan potongan dari video anda tanpa persetujuan anda”

https://twitter.com/CalonSarjanaaa/status/1192470958059053056?s=20

Meskipun demikian, ada banyak netizen khususnya Indonesia yang “membully” Calon Sarjana melalui twitter.

Bully-an dan komentar lucu oleh warganet kepada Calon Sarjana

Apa yang bisa kita dapatkan dari hal peristiwa ini.

Sobat, Jangan pernah bermain-main dengan Plagiarisme

Plagiarisme = Mencuri

Kita harus menghargai karya miliki orang lain. Kita tidak boleh sembarang copot karya orang lain, melainkan harus mencantumkan kepemilikannya atau copyright.

Sudah banyak sekali kasus-kasus plagiarisme di Dunia yang terjadi mulai dari bidang pendidikan, teknologi atau kontent kreator dan sebagainya.

Alasannya sederhana, yaitu menghargai usaha dan jerih payah si pembuat kontent (kontent creator). Hal ini pun ada aturan dan perundang-undangan yang diberlakukan.

Kebayang gak, jika suatu saat kalian punya karya dan tiba-tiba ada orang yang kurang bertanggung jawab menjiplak atau copas (copy paste) konten mu, pasti tidak suka bukan.

Atau contoh nya di sekolah deh, ketika kalian lo ada PR yang sudah kalian kerjakan sampai lembur selama berhari-hari, dan keesokan harinya teman lo dengan santainya nyontek begitu saja, lo pasti gak suka kan.

Jadi intinya, kalau kalian ingin mendapatkan sesuatu yang baik dan positif, ya kalian harus memberikan effort juga, apalagi yang berhubungan dengan kreativitas dan ilmu pengetahuan.

Sebab tidak semua orang bisa memiliki dan menghasilkan ide-ide kreatif gitu. So, Make it original

 

loading...
LITERASI MILENIAL
By LITERASI MILENIAL Januari 31, 2020 18:48
Write a comment

1 Comment

  1. Ferdinand Februari 4, 19:25

    Info yang sangat membantu…terutama agi yg awam

    Reply to this comment
View comments

Write a comment

<

Artikel Terbaru

    No posts where found

Arsip Bulanan

Komentar Terbaru

  • orang cantik

    orang cantik

    mantap

    View Article
  • sadgirl

    sadgirl

    ngebantu kerja mindmapp sih :), fighting mr!!!

    View Article
  • Ando

    Ando

    Situs ini gak mau di pakein DMCA kah? supaya terhindar dari pihak pihak yang copy paste illegal

    View Article
  • warga +62

    warga +62

    tidak apa apa nomor 72 yg penting Indonesia berada di peringkat 1 dalam tingkat kesantuyan .

    View Article
  • Agung

    Agung

    Diproteksi kata sandi

    View Article