Terbaru 13 Tips mengatasi Laptop atau komputer Lemot 2020

Halo milenials, di era digital revolusi industri 4.0 ini siapa sih yang tidak menggunakan laptop atau komputer lagi. Kali ini kami akan menyajikan artikel tentang:

13 tips mengatasi laptop atau komputer lemot

13 tips mengatasi laptop atau komputer lemot

Laptop menjadi kebutuhan primer dalam mendukung pekerjaan manusia, termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Laptop pun memiliki berbagai jenis fungsi yang kompleks, mulai yang paling sederhana digunakan untuk mengerjakan semua dokumen yang terpaut dengan Microsoft office seperti word, ppt, excel, browsing internet dan kebutuhan administrasi hingga aktivitas yang mostly membutuhkan high spesifikasi seperti bermain game-game pc atau android, editor seperti desainer, photografi, videographi, coding yang membutuhkan ukuran penyimpanan yang besar.

Di dalam penggunaannya, kita pengen sekali laptop kita lancar dan cepat. Namun, seiring periode lamanya penggunaan laptop yang sudah bertahun-tahun, termasuk kerusakan teknis hardware ataupun faktor human error , laptop sangat rentan memiliki banyak masalah yang dapat menyebabkan laptop menjadi lamban, not responding atau lemot. Kids jaman now bilangnya “ngelag”

Tentu hal tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas dan efisiensi waktu, tenaga ataupun sumber daya lainnya serta yang paling krusial dapat menghambat tugas-tugas Anda yang seharusnya bisa selesai lebih cepat. Tak sedikit juga, hal ini dapat mengacaukan schedule atau planning yang sudah kalian susun sebelumnya.

Baca juga: 30 menit panduan membuat karya ilmiah yang berkualitas dan profesional

Dilansir dari Liputan6.com dan JalanTikus

Laptop lemot bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah tidak mengetahui spesifikasi laptop sendiri seperti RAM (Random Acces Memory), PROCESSOR, HDD/SSD dan lain sebagainya.

Misalnya, Ketika kapasitas RAM kamu kecil, namun kamu memaksakan untuk mengisi banyak data maupun menjalankan software-software berat, maka hal tersebut akan membuat laptop Anda lemot (human error).

Ok then. Sebelumnya, mari kita bahas apa saja hal yang dapat menyebabkan laptop atau komputer lemot: check this out!

1. Harddisk Lama

Kalau storage harddisk (HDD) kamu sudah lama, ada baiknya kamu perlu menggantinya. Karena Harddisk juga memiliki batasan usia termasuk adanya kerusakan-kerusakan fisik seperti bad sector dan sebagainya. Harddisk yang sudah tua, akan mempengaruhi performa laptop secara keseluruhan.

Terbaru 13 Tips mengatasi Laptop atau komputer Lemot 2020 1

2. Harddisk Penuh

Data yang banyak juga memberikan faktor penyebab laptop lemot. Apalagi Data atau Partisi (C) yang adalah data penyimpanan yang digunakan sistem komputer. Pastikan kamu dapat memanage hardiskmu dengan sebaik mungkin. Kalau harddiskmu sudah hampir penuh mencapai 95 persen, sangat besar kemungkinan laptopmu akan lemot. Perhatikan gambar berikut.

Terbaru 13 Tips mengatasi Laptop atau komputer Lemot 2020 2

3. Banyak Startup Programs

Start-up adalah aplikasi yang aktif di background, yang pastinya akan mengunakan resources komputer kamu seperti RAM, dll. Kalau kamu memiliki banyak aplikasi di laptop, hal itu bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Soalnya, beberapa aplikasi itu akan berjalan di background secara otomatis saat kamu mulai menyalakan laptop. Dampak nya adalah semakin banyak aplikasi startup kamu, bisa dilihat ketika proses booting atau menyalakan komputer yang sangat lama atau tidak seperti seharusnya, akan menjadikan laptop kamu semakin lemot.

Terbaru 13 Tips mengatasi Laptop atau komputer Lemot 2020 3

4. Banyak Add-ons/ekstensi browser

Secara tidak sadar, kamu suka menambahkan add-ons pada laman browser seperti google chrome, firefox dan lain sebagainya. Semakin banyak add-ons dan juga tab yang dibuka maka semakin banyak resources RAM yang dibutuhkan dan dapat menyebabkan lemot. Jadi, kamu perlu teliti sebelmum memasang add-ons, ya

5. Banyak Menjalankan Aplikasi

Tak jarang pengguna laptop atau komputer yang membuka banyak aplikasi dalam satu waktu yang bersamaan, ia kan. Hal ini juga merupakan penyebab laptop lemot, karena terbatasnya RAM.

6. Banyak Browser Tab yang Dibuka

Pada saat kamu melakukan searching atau berselancar di dunia maya, hal ini sepele ini kadang kita lakukan tanpa mengerti imbasnya pada kinerja laptop kita. Boleh boleh saja untuk membuka banyak tab, tapi make sure sesuaikan dengan kapasitas komputer mu, sebab jika tidak akan membuat laptop menjadi sangat lamban atau tidak not responding sama sekali.

7. Adanya Virus dan malware

Virus pada perangkat elektronik ini memang bisa memperlambat bahkan merusak laptop. Oleh karena itu,berhati-hatilah pada saat menerima file baik secara online maupun offline seperti virus yang disebarkan dari flashdisk ataupun proses instalasi software

Terbaru 13 Tips mengatasi Laptop atau komputer Lemot 2020 4

8. Antivirus yang Terlalu Aktif

Jangan sepelekan bahwa penggunaan Multi Anti virus juga dapat menyebabkan laptop lemot. Untuk mengatasi adanya virus Namun, kalau aplikasi antivirus ini terlalu aktif, juga menjadi penyebab laptop lemot karena berjalan di background.

Virus pada perangkat elektronik menjadi salah satu penyakit yang membuatnya menjadi lemot. Jika laptop kamu menggunakan sistem operasi Windows, maka antivirus bawaan yang disebut dengan windows defender sudah cukup untuk defender laptop kamu dari virus atau malware. Namun disarankan juga supaya kalian menggunakan 1 antivirus tambahan yang tidak terlalu aktif seperti smadav

9. Kapasitas RAM Kecil

Besarnya RAM pada laptop menjadi salah satu faktor penting terhadap kecepatannya komputer. Kalau RAM Anda kecil, ada baiknya kamu bisa mengganti atau upgrade ke RAM yang lebih besar.

Terbaru 13 Tips mengatasi Laptop atau komputer Lemot 2020 5

10. Jarang Melakukan Update OS

Setiap OS atau operating system memiliki jenis dan fiturnya masing-masing. Pengguna laptop Windows atau MacOS, kamu  tetap perlu rutin memperbarui sistem operasinya. Hal ini guna untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada laptop. Kalau jarang melakukan update, siap-siap saja laptop akan menjadi lemot.

Terbaru 13 Tips mengatasi Laptop atau komputer Lemot 2020 6

11.Dekstop full

Dekstop yang penuh dengan file dan aplikasi-aplikasi juga dapat menyebabkan laptop atau komputer lemot. Logika saja, bahwa dekstop adalah bagian dari Partisi atau DATA C (SISTEM).

12. Mesin panas/overheat

Kerusakan harwdare atau human error seperti meletakkan laptop di kasur atau kain yang menyebabkan tertutupnya SIRKULASI UDARA LAPTOP dapat membuat laptop semakin lamban, sebab RAM, PROCESSOR akan terkena juga dampaknya.

13. Uninstal Aplikasi

Kalau kamu memiliki banyak aplikasi di laptop, mulailah untuk mengurangi aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Banyaknya aplikasi pada laptop akan membuat kapasitas penyimpanan di Drive C akan penuh dan membuat sistem akan menjadi lama membaca harddisk.

Mulailah untuk menyeleksi aplikasi mana saja yang jarang dipakai. Setelah itu kamu bisa melakukan uninstall terhadap aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengurangi lemot. Kamu cukup menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan, karena aplikasi yang menganggur akan memenuhi laptop dan membuat kinerja laptop menurun

BACA JUGA: LENGKAP, 40+ Shortcut Windows & Microsoft Office|Penting

Lihat juga di Youtube: Literasi Milenial

LITERASI MILENIAL

Content Creator, Entrepreneur & Creativepreneur

Mungkin Anda Menyukai

2 tanggapan untuk “Terbaru 13 Tips mengatasi Laptop atau komputer Lemot 2020

  1. Pak kalo mau ganti harddisk harus disesuaikan dengan motherboardnya kah atau harddisk apapun bisa digunakan walaupun motherboardnya beda beda ??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DATA COVID-19 di INDONESIA